Jumat, 28 Juni 2019

Apa Sebenarnya Penyakit Psoriasis Itu?


Apa Sebenarnya Penyakit Psoriasis Itu?


Mungkin anda belum pernah mendengar nama penyakit ini sebelumnya. Apa Sebenarnya Penyakit Psoriasis Itu? Apakah penyakit psoriasis berbahaya? Apakah penyakit psoriasis menular? Apakah penyakit psoriasis bisa disembuhkan? Kenapa kita menderita psoriasis? Apa penyebab penyakit psoriasis? Bagaimana ciri-ciri penyakit psoriasis? Apa pantangan untuk penderita psoriasis? Apa saja makanan yang baik dikonsumsi penderita psoriasis? Bagaimana cara pengobatan psoriasis yang tepat bisa menyembuhkan? Untuk mengetahui semuanya, berikut ini akan kita bahas selengkapnya!

Apa Sebenarnya Penyakit Psoriasis Itu?

Mungkin tidak banyak orang yang mengenal penyakit psoriasis. Mendengar namanya saja mungkin bagi sebagian orang terdengar asing dan baru pertama kali mendengarnya. Namun disamping itu, penyakit psoriasis merupakan salah satu penyakit yang cukup memiliki banyak penderita, di mana sebagian dari pasiennya mungkin tidak sadar dan tidak tahu kalau dirinya tengah menderita penyakit psoriasis. Itu karena kurangnya pengetahuan mengenai penyakit psoriasis.

Nah, maka dalam kesempata kali ini, saya akan membahas mengenai apa itu penyakit psoriasis, dan juga seperti apa itu penyakit psoriasis. Simaklah ulasanya berikut ini !

Psoriasis adalah suatu penyakit berupa peradangan yang bersifat kronis yang mana peradangan tersebut merupakan akibat dari proses pergantian kulit yang terjadi begitu cepat, tidak seperti biasanya. Dengan kata lain, psoriasis terjadi karena tubuh mengalami proses pergantian kulit dengan terlalu cepat hingga pada akhirnya menyebabkan tubuh mengalami serangkaian gejala yang disebut dengan psoriasis.

Psoriasis merupakan penyakit autoimun, yaitu sebuah penyakit akibat dari reaksi imun (kekebalan tubuh) yang terlalu aktif. Dalam hal ini, diduga psoriasis terjadi karena sistem imun keliru menyerang sel kulit yang sehat hingga mengakibatkan gangguan pada proses pergantian kulit. Yang mana pada kondisi normal, tubuh akan mengalami proses pergantian kulit dalam kurun waktu sekitar 21 hingga 28 hari. Namun pada beberapa kasus hal itu terjadi lebih cepat bisa sampai 3 hingga 5 hari. Akibatnya kulit jadi meradang dan sel kulit yang mati belum sempat terkelupas hingga menumpuk dan menyebabkan kulit menebal.

Penyakit psoriasis dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya :

  • Psoriasis plak atau psoriasis vulgaris. Psoriasis yang paling sering terjadi.
  • Psoriasis scalp atau psoriasis di kulit kepala, gejalanya menyerupai ketombe.
  • Psoriatis arthritis, psoriasis yang disertai gejala nyeri sendi.
  • Psoriasis gutata, psoriasis yang sering terjadi pada anak.
  • Psoriasis pustular, psoriasis yang disertai dengan gejala berupa munculnya pustules.
  • Psoriasis kuku, psoriasis yang bisa membuat kuku copot atau terangkat.
  • Psoriasis eritroderma.
  • Psoriasis inverse.

Apa yang menyebabkan penyakit psoriasis? Penyebab psoriasis sebenarnya belum dapat dipastikan hingga saat ini. Namun, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli. Ada satu teori yang dianggap paling memungkinkan menyebabkan psoriasis, yaitu sistem kekebalan tubuh bereaksi terlalu berlebihan, sehingga menyerang sel kulit yang sehat hingga menyebabkan proses pergantian kulit terjadi lebih cepat, dan kemudian kulit meradang dan menyebabkan psoriasis.

Apa gejala penyakit psoriasis? Apa benar gejala psoriasis berbeda-beda tiap penderitanya? Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, gejala psoriasis adalah berupa kulit merah meradang, kulit mengelupas, kulit bersisik warna perak, kulit berkerak, serta penabalan kulit. Yang mana kesemua gejala tersebut sering disertai gatal-gatal, terasa perih atau terasa panas. Dan gejala-gejala tersebut tidak selamanya sama pada tiap penderitanya. Karena itu, penyakit psoriasis dibedakan menjadi beberapa jenis. Bahkan salah satu jenis psoriasis adalah psoriasis scalp, yang gejalanya mirip dengan ketombe. Kemudian ada psoriasis kuku, yang bisa membuat kuku copot dari kulitnya. Serta ada psoriasis arthritis, psoriasis yang bisa menyebabkan peradangan pada sendi.

Adakah pantangan yang harus dihindari oleh penderita psoriasis? Apa pantangan bagi penderita psoriasis? Seperti halnya sebuah penyakit pada umumnya, psoriasis juga memiliki pantangan yang harus dihindari dan dijauhi oleh penderitanya. Pantangan-pantangan ini mencakup beberapa hal, tidak hanya makanan yang minuman yang dikonsumsi, namun juga beberapa hal yang memang bisa membuat psoriasis jadi lebih parah. Pantangan-pantangan tersebut antara lain adalah :

  • Makanan yang mengandung alkohol, seperti durian, anggur, dan tape singkong.
  • Makanan asin, seperti ikan asin, telur asin dan juga keju.
  • Makanan yang diawetkan, seperti tahu, tempe, sosis, ikan asin, dsb.
  • Daging. Baik itu daging ayam, daging sapi, atau daging kambing.
  • Jeroan, seperti usus, ati, sumsum, dsb.
  • Menggaruk kulit yang terkena psoriasis. Apalagi menggaruknya dengan penuh tekanan dan kuku yang tidak bersih. Itu bisa bikin psoriasis jadi tambah parah.
  • Terlalu banyak fikiran apalagi stres. Karena beban fikiran dan juga stres akan membuat psoriasis semakin bertambah parah.

Apa yang sebaiknya dilakukan penderita psoriasis? Selain dengan melakukan pengobatan, penderita psoriasis juga perlu melakukan beberapa hal berikut ini, antara lain :

  • Mandilah setiap hari dengan teratur. Usahakan mandi dengan air hangat kuku dan menggunakan sabun yang ringan seperti sabun bayi.
  • Gunakan pelembap setiap harinya, supaya kelembapan kulit tetap terjaga.
  • Menjemur area psoriasis dengan sedikit sinar matahari. Namun metode ini tidak bisa dilakukan semua jenis psoriasis.

Jadi, Apa Sebenarnya Penyakit Psoriasis Itu? Semuanya sudah dijelaskan dalam pembahasan di atas. Kini kita harus waspada dan berhati-hati akan kemunculan penyakit psoriasis ini. Dan untuk yang sudah menderita penyakit psoriasis, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar